~~~Informasi Penyakit Jantung. Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Jantung Koroner dengan Obat Alami~~~

Jantung Koroner Penyebab Kematian Urutan Pertama dari 5 Penyakit

Posted by Neng Novie on

Penyakit jantung masih menempati peringkat pertama di dunia sebagai penyakit yang menyebabkan kematian. Satu dari lima kematian akibat penyakit jantung tersebut diakibatkan jantung koroner. Karena tidak bergejala, banyak orang yang tidak sadar telah mengalami penyumbatan pada pembuluh darah arteri koronernya.

sakit jantung jantung koroner, jantung, gambar jantung, tentang jantung, jantung hati, artikel jantung, terapi jantung, kanker jantung, jantung adalah, komplikasi jantung, diet jantung, gejala jantung, penyebab jantung, serangan jantung, jenis jenis penyakit jantung, jantung lemah, definisi jantung, pengertian jantung, ciri ciri sakit jantung, jantung anak, penyakit jantung rematik, ciri sakit jantung, kateterisasi jantung, transplantasi jantung, ciri penyakit jantung, jantung bengkak, menghujam jantung, jantung berdetak, pembekakan jantung, persarafan jantung, auskultasi jantung, katerisasi jantung, vaskularisasi jantung, dekompensasi jantung, elektrofisiologi jantung, masalah jantung, ring jantung, foto jantung, herbal jantung, jantung aves, video jantung, ecg jantung, pacemaker jantung, jantung ppt, jantung normal, jantung kundalini, stent jantung, jantung membengkak, periksa jantung, penyakit jantung

"Penyakit jantung koroner awalnya disebabkan penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner). Kondisi tersebut, lama-kelamaan diikuti berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat, pengapuran, pembekuan darah, dan lainnya yang semuanya akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut," ucap Direktur Utama RS Santo Borromeus dr. A.M. Lisliyantotot, H.M., M.M.R., seusai seminar jantung dan radiologi di RS Borromeus Bandung, Minggu (4/5).

Akibatnya, kata Lisliyantotot, otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah sehingga dapat menimbulkan berbagai kondisi yang cukup serius. Mulai dari nyeri dada sampai serangan jantung yang dapat mengakibatkan kematian mendadak. "Banyak orang dengan kondisi penyumbatan pada pembuluh darah arteri koronernya tidak sadar akan risiko dari penyakit tersebut karena tidak adanya gejala-gejala dari penyakit tersebut," katanya.

Stres

Beberapa risiko terpenting yang dapat menimbulkan penyakit jantung koroner, menurut Lisliyantotot, kadar kolesterol total dan LDL tinggi, kadar kolesterol HDL rendah, kebiasaan merokok, dan diabetes melitus. Faktor lainnya, kegemukan, riwayat keturunan penyakit jantung dalam keluarga, kurang olah raga, dan stres.

"Jika orang memiliki salah satu atau beberapa faktor risiko terkena jantung koroner, dianjurkan melakukan screening dan pemeriksaan kesehatan jantung secara berkala. Potensi untuk munculnya penyakit jantung koroner akan bertambah besar jika orang mempunyai dua atau lebih faktor risiko," ucapnya.

Penyakit jantung bisa diketahui melalui pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter spesialis jantung dengan bantuan pemeriksaan Calcium Scoring Jantung (CAT Scanning). Kemudian ditindaklanjuti dengan pemeriksaan ECG, treadmill test, dan arteriografi koroner (kateterisasi). Hasil dari CAT Scanning akan diikuti pemeriksaan lebih lanjut bila didapatkan hasil yang positif.

"Kateterisasi jantung merupakan prosedur diagnosis untuk memeriksa fungsi jantung dan pembuluh darah, khususnya pembuluh darah koroner," ujar Lisliyantotot pula.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment